Zainal Bintang: Rindu Elon Musk

    Zainal Bintang: Rindu Elon Musk
    Presiden Jokowi Bersama Elon Musk

    JAKARTA -   Presiden Jokowi berkunjung ke perusahaan Elon Musk, SpaceX di Boca Chica, Texas, Amerika Serikat. Dia tiba di Gedung Stargate SpaceX sekitar pukul 10.30, Sabtu (14/05/2022). Disambut langsung Elon Musk. Setelah sesi pertemuan, kedua tokoh dunia itu berkeliling   melihat fasilitas produksi roket SpaceX. 

    Membaca berita ini yang dimuat media di seluruh dunia. Tentunya, diduga keras, rasanya nyaris seluruh rakyat Indonesia (279 juta) bergembira dan berdoa. Semoga pertemuan Jokowi dengan Elon Musk – sukses dan menjadi kenyataan. Elon adalah pengusaha terkaya di dunia dan pemilik pabrik mobil listrik “Tesla” dan pangkalan pesawat ruang angkasa “Space X” – “Asal dia sungguh sungguh berinvestasi di Indonesia, biarpun dia, Elon Musk, jangankan hanya pakai kaos oblong, andaikata pun bertelanjang dada tetap dihormati oleh Dahlan Iskan”. Kurang lebih demikianlah pesan yang tersirat  dalam artikel serialnya berjudul “Kaos Oblong”, Rabu (18/05/2022). Betapa tidak, sebagai rakyat wajib hukumnya mendoakan supaya rencana investasi mobil listrik “Tesla” di Indonesia terwujud. 

    DESTINASI.CO.ID
    market.biz.id DESTINASI.CO.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Harapan dan keyakinan itu semakin membubung tinggi ke langit – langit hati masyarakat. Lantaran “dihujani” dengan bumbu percakapan langsung via telepon antara Dahlan Iskan atau DI dengan Luhut Binsar Panjaitan atau LBP. Informasinya, sejatinya meyakinkan dan valid. Kedua tokoh itu adalah petinggi yang kesohor di dalam dan di luar negeri. DI petinggi media. LBP petinggi kabinet. DI di Kaltim sedangkan LBP di Texas, Amrik.

    Di menulis lagi, “kita perlu Elon Musk. Syukur-syukur kalau Elon Musk juga perlu kita.
    Elon Musk adalah emas. Yang diperebutkan dunia. Apalagi kalau pemilik Tesla itu benar-benar mau berinvestasi di Indonesia. Untuk membangun pabrik baterai mobil listrik di sini. Kan kita punya bahan bakunya. Lengkap: nikel. Juga aluminium. Pun mangaan. Termasuk karet. Tentu harus diakui: Menko Luhut Pandjaitan-lah yang bekerja keras untuk pertemuan itu. Luhut sendiri sudah lebih dulu bertemu pemilik SpaceX itu. Sudah berhasil pula meyakinkan Elon Musk. Terbukti Tesla benar-benar mengirim tim ke Indonesia. Ke Morowali. Ke Soroako. Ke pusat tambang nikel kita”, tambah DI. 

    Persisnya DI menulis begini, “Kalau saya, jangankan ia pakai kaus oblong. Telanjang dada pun tidak masalah. Asal mau investasi besar di Indonesia. Luhut juga bersikap begitu. "Saya yang bertemu awal dengan Elon. Dia itu humble person, genius, nyentrik, terkaya di dunia, " ujar Luhut kepada saya kemarin. Saya meneleponnya dari Kaltim. Ia masih di Amerika”. Rasanya ucapan DI itu, bagaikan jubir LBP.

    Pada hari yang sama, Rabu (18/05/2022) beredar tulisan tandingan yang mengimbangi tulisan DI. Dibuat Achmad Nur Hidayat MPP, Pakar Kebijakan Publik dan Ketua Pusat Studi Ekonomi Politik UPN Veteran Jakarta. “Klaim kemenangan besar tersebut sebenarnya adalah euforia semata yang belum disertai komitmen investasi yang jelas dan tegas oleh Elon Musk. Baik Tesla maupun Space X tidak merilis komitmen investasi apapun paska pertemuan Jokowi-Elon di Austin Texas US kemarin”, tulis Hidayat.

    Lanjut Hidayat, “klaim tim investasi Indonesia tersebut sebenarnya tidak ada dasarnya. AS sedang mengalami inflasi tinggi akibat cetak likuiditas dolar atasi pandemi Covid. Investasi Elon Musk ke Indonesia bila ada diprediksi tidak sebesar yang diklaim karena Elon Musk dan AS tidak memiliki kemewahan investasi yang cukup karena harus struggle (berjuang) mengatasi persoalan ekonomi dalam negeri. Ditambah lagi, Tesla tidak tertarik dengan nikel kobalt dari Indonesia”. 

    Dalam artikelnya yang berjudul “Euforia Investasi Elon Musk” itu, Hidayat menjelaskan, “rencana investasi Tesla terkait baterai kendaraan listrik di Indonesia bakal memiliki masalah yang serius, karena Tesla sudah beralih untuk menggunakan katoda berbahan besi lithium iron phosphate atau LFP yang belakangan lebih efisien ketimbang bijih nikel limonit dan kobalt. Investasi nikel kobalt di Sulawesi akan terancam gagal bila Tesla tetap memilih menggunakan LFP daripada nikel kobalt”. 

    DELIKHUKUM.ID
    market.biz.id DELIKHUKUM.ID
    20% Rp 125.000
    Beli sekarang!

    Namun, kemudian, mau atau tidak mau, saya teringat dengan salah satu lirik lagunya Titiek Puspa:  “apa yang terjadi, terjadilah”. Pasalnya, Senin, (23/05/2022), artinya hanya berselang kurang dari sepuluh hari setelah Jokowi ketemu Elon Musk di Texas, dan lima hari setelah “kampanye” DI yang meluas itu, tiba-tiba beredar berita besar, menarik perhatian. Dan menggetarkan. Menggetarkan lantaran benarnya. Berita itu berjudul: “Luhut Sebut Investasi Elon Musk di Indonesia Butuh Waktu Lama”. Yaa Titiek Puspa berkelebat dalam bayangan: “apa yang terjadi, terjadilah. Kau tinggalkan daku. Mengapa Oh Mengapa…” 

    Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi LBP menyampaikan, “rencana investasi CEO Tesla dan SpaceX Elon Musk di Indonesia masih membutuhkan waktu dan proses lama. Juga mengungkapkan saat ini belum ada kesepakatan resmi antara Indonesia dengan Elon Musk”. 

    Latte espresso steamed milk
    market.biz.id Latte espresso steamed milk
    20% Rp 4.000
    Beli sekarang!

    Terbayang, sepertinya LBP kali ini, berucap jujur dan terus terang. Namun tidak jelas, apakah air mukanya juga murung atau tidak, ketika mengucapkan, "masuknya investasi dari suatu perusahaan itu tidak semudah menjentikkan jari, ini butuh proses dan waktu yang tidak sebentar. Apalagi ini investasi dengan nilai jumbo, " kata LBP dalam keterangan resminya. Padahal, kata LBP, “Kemekomarinves  telah menjalin komunikasi yang sangat baik sejak dua tahun terakhir dengan Elon Musk dan pihak Tesla”. 

    Kejadian ini mengingatkan kita kepada judul sebuah lukisan “Man Proposes, God Disposes” (Manusia Merencanakan, Tuhan Menentukan). Dibuat Edwin Landseer 1864 (Wikipedia). 
    “Sebagaimana diketahui cadangan bijih nikel kobalt Indonesia adalah yang terbesar di dunia menyusun hampir 80 persen cadangan dunia. Hyundai, Toyota dan Honda adalah perusahaan otomotif yang masih menggunakan nikel dan kobalt sebagai baterai cellnya. Klaim Elon Musk mau investasi di nikel kobalt cukup aneh mungkin bisa dibilang hoax. Kecuali Elon Musk menggandeng Hyundai, Toyota dan Honda untuk join investasi. Namun rasanya tidak mungkin tesla mau melakukan itu”, ini masih bagian dari tulisan Hidayat.

    Tidak akan ada investor yang mau masuk, sepanjang sikon politik Indonesia tidak kondusif. Menjelang Pilpres 2024 pemerintahan Jokowi mengalami degradasi politik. Ketidakpastian hukum menguat. Presiden Amerika Joe Biden, - negaranya Elon Musk -  Amerika menolak hadir dalam pertemuan G20 bulan November di Bali, jika Putin presiden Rusia hadir. Ini efek pergeseran geopolitik yang diakibatkan  perang Rusia-Ukraina. Membuat sikon politik Indonesia jumpalitan.

    Sambil mengetik di komputer, saya memutar ulang-ulang lagu Ebiet G. Ade “Elegi Esok Pagi”. Saya pun ikut memelas,  terpengaruh suara Ebiet ketika menyenandungkan liriknya dengan memelas: “Izinkanlah aku kenang, sejenak perjalanan Hoo..hoo. Dan biarkan ku mengerti, apa yang tersimpan di matamu Hoo hoo..Barangkali di tengah telaga, ada tersisa butiran cinta. Dan semoga kerinduan ini, bukan jadi mimpi di atas mimpi…”

    JAKARTA, 25 Mei 2022
    Zainal Bintang
    Wartawan Senior dan Pemerhati Masalah Sosial Budaya

    Zainal Bintang Elon Musk
    ASPIRASI WARGA

    ASPIRASI WARGA

    Artikel Sebelumnya

    Polri Paparkan Pengamanan dan Penanganan...

    Artikel Berikutnya

    Mulyanto Prihatin Cara Kerja Pemerintah...

    Berita terkait

    Peringkat

    Profle

    Achmad Sarjono verified

    Afrizal

    Afrizal verified

    Postingan Bulan ini: 483

    Postingan Tahun ini: 2056

    Registered: May 25, 2021

    Syafruddin Adi

    Syafruddin Adi verified

    Postingan Bulan ini: 460

    Postingan Tahun ini: 2463

    Registered: Apr 8, 2021

    Indra Gunawan

    Indra Gunawan verified

    Postingan Bulan ini: 172

    Postingan Tahun ini: 749

    Registered: Nov 15, 2021

    KODIM SURABAYA TIMUR

    KODIM SURABAYA TIMUR verified

    Postingan Bulan ini: 149

    Postingan Tahun ini: 580

    Registered: Oct 4, 2021

    Profle

    Nanang suryana saputra verified

    Sambut Milangkala Desa, Warga Sukahurip Lakukan Kegiatan Bersih-Bersih Desa
    Ini Salah Satu Yang Dilakukan Serda Andrianis Saat Komsos Dengan Warga Masyarakat
    Giat Kapolsek Cikakak di HUT Bhayangkara ke 76
    Berbagai Kegiatan Sosial di Koramil Jampangkukon pada Sail and Touring Sekeseler Siliwangi di Wilayah Kodim Sukabumi

    Rekomendasi

    Gubernur se-Sumatra Bertemu di Pekanbaru, Ini 5 Poin Penting yang akan Dibahas
    UPTD Air Bersih Kota Pariaman Sasar Pusat Pelayanan Masyarakat
    Kasad Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman, S.E.,M.M., Tutup Secara Resmi Seminar TNI AD VI Tahun 2022 Di Seskoad Bandung
    Letkol Inf Ahmad Saleh. S.Sos Resmi Menjabat Sebagai Komandan Kodim 0817 Gresik
    Wakasal Kunker Ke Lantamal IV, Cek Kesiapan Rencana Relokasi 3 Markas Komando

    Ikuti Kami