Masyarakat Desa Tanah Datar Puas, Pemilihan BPD Secara Musyawara

rahmathidayat, 08 Jan 2020, PDF
Share w.App T.Me
INDONESIASATU.CO.ID:

Batu Bara -Pertama kali sistem pemilihan anggota BPD dilakukan secara langsung.
Panitia Pemilihan anggota Badan Permusyawaratan (BPD) Desa Tanah Merah, Kecamatan Air Putih, yang dilakukan secara demokratis, dipilih oleh seluruh warga Desa yang memilih calon yang akan duduk sebagai anggota BPD, dilakukan di aula Kantor Desa Tanah Merah, Kecamatan Air Putih, Batu Bara, Rabu (8/1).

Ketua Panitia Pemilihan Anggota BPD Ahmad Setia Bakti, hal ini dilakukan untuk memilih anggota BPD dengan demokrasi, ini kali pertama pemilihan anggota BPD dilaksnakan secara lansung, melibatkan seluruh masyarakat desa, dengan undangan memilih, seperti Pilkades.

"Kita akan merobah sistem yang lama, kala itu hanya main tunjuk, lalu di musyawarahkan, sehingga masyarakat tidak bisa mengusulkan calon yang diinginkannya," jelas Ahmad Setia Bakti yang juga sebagai ketua BKPRMI Batu Bara.

Menurut Bupati Batu Bara Ir. Zahir. MAP melalui Camat Air Putih, Riadi S.Pd.MPd, pemilihan anggota BPD secara langsung dibenarkan dalam Undang - undang Permendagri 110 Tahun 2016 tentang BPD Pasal 5 ayat 1, "anggota BPD adalah wakil dari penduduk desa berdasarkan keterwakilan wilayah dan perempuan yang pengisiannya secara demokratis melalui proses pemilihan secara langsung atau musyawarah perwakilan, jelas Camat

Lanjut Riadi, terima kasih kepada tokoh masyarakat Desa Tanah Merah yang telah menuangkan ide kreatif, innovatif atas terselenggaranya pemilihan anggota BPD secara langsung, masing - masing perdusun mungkin ini yang pertama kali dilakukan secara lansung pemilihan anggota BPD Desa Tanah Merah Kecamatan Air Putih, Batu Bara, periode 2020 - 2026, pungkas Riadi.

Pj Kepala Desa Tanah Merah, Fauzi Andayu pemilihan anggota BPD Tanah Merah yang dilakukan secara langsung adalah hal yang positif, dan warga sangat mendukung pemilihan yang dilakukan secara demokrasi, sementara anggaran biaya di anggarkan pada ADD 2020, terang Fauzi.

Salah seorang warga, Usman, menyambut baik dengan sistem pemilihan anggota BPD secara langsung. "ini pertama kali di Desa Tanah Merah dilakukan pemilihan anggota BPD secara langsung, sebagai warga menyambut baik atas prakarsa Desa Tanah Merah yang telah melaksanakan pemilihan secara langsung, kali pertama pemilihan anggota BPD layaknya seperti pemilihan kepala desa," ungkap Usman.

Turut hadir menyaksikan pelaksanaan pemilihan anggota BPD Tanah Merah, Camat Air Putih, Riadi S.Pd, staf Camat Air Putih, Abu Bakar Safirta, Kasi PMD kecamatan Air Putih, Ida, Pj Kades Tanah Merah, Fauzi Andayu, Kepala Dusun, Babhinkamtibmas, Bripka M Hasibuan.

Ada tujuh dusun di Desa Tanah Merah, dengan jumlah calon anggota BPD sebanyak 19 orang yang akan di pilih secara langsung oleh warga, per dusun masing - masing.
(RH766)

PT. Jurnalis Indonesia Satu

Kantor Redaksi: JAKARTA - Jl. Terusan I Gusti Ngurah Rai, Ruko Warna Warni No.7 Pondok Kopi Jakarta Timur 13460

Kantor Redaksi: CIPUTAT - Jl. Ibnu Khaldun I No 2 RT 001 RW 006 Kel Pisangan Kec Ciputat Timur (Depan Kampus UIN Jakarta)

+62 (021) 221.06.700

(+62821) 2381 3986

jurnalisindonesiasatu@gmail.com

Redaksi. Pedoman Siber.
Kode Perilaku.

Mitra Kami
Subscribe situs kami
Media Group IndonesiaSatu